Cara Cek Domain .id dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Cara Cek Domain .id dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Nama domain di a situs web bisnis, memiliki peran yang sangat penting. Itulah alasan mengapa Anda harus tahu caranya periksa domain .id untuk situs web yang akan dibuat. Nah buat yang belum tau berikut ini akan menjelaskan cara melakukannya untuk anda.

Kenali ekstensi domain .id

Sebelum menjelaskan caranya periksa domain .id, alangkah baiknya jika kita mengenal ekstensi ini terlebih dahulu. .id adalah salah satu bagian dari Domain Tingkat Atas Kode Negara, atau yang dikenal sebagai ccTLD.

Ekstensi ini adalah jenis domain khusus untuk situs web yang ada di dalam Indonesia. Perpanjangan dua huruf ini, digunakan untuk memudahkan kita mengenali negara asal situs web terkait.

Sebagai informasi, ccTLD merupakan salah satu jenis extension yang digunakan sejak tahun 1985. Ekstensi ini pertama kali diperkenalkan oleh domain .US dari Amerika, .IL dari Israel, dan .UK dari Inggris.

Kini, while .id sendiri mulai digunakan sekitar tahun 1993, meski sudah lahir sejak tahun 1990.

Pada tahun 2007, segala hal yang berkaitan dengan ekstensi .id diatur oleh Pengelola Nama Domain Indonesia atau PANDI yang saat itu diawasi oleh Kominfo. PANDI bahkan menyebut peminat domain .id terus mengalami peningkatan.

Keuntungan ekstensi .id

.id adalah ekstensi yang tidak hanya populer. Domain ini juga memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut:

1. Punya Kredibilitas Tinggi

Domain dengan ekstensi .id banyak diminati karena lebih dipercaya. Pasalnya, proses pembuatan domain ini membutuhkan kartu identitas resmi, seperti KTP atau dokumen penting lainnya.

Artinya, pemilik situs web dengan ekstensi tersebut, harus hati-hati dalam menyajikan konten.

2. Akses Situs Web Lebih Cepat

Salah satu penilaian kualitas situs web kita bisa lihat dari kecepatannya. Ini semakin cepat situs web itu, semakin baik untuk SEO dan lalu lintas/ pengunjung. Ini karena domain .id dapat meningkatkan kecepatan akses situs web.

Domain Name Server (DNS) dari extension ini, berasal dari Indonesia. Itu sebabnya, akses situs web akan lebih optimal dan lebih cepat. Kecepatan situs web secara langsung memengaruhi pengalaman pengunjung dan kinerja SEO.

3. Berpotensi Mendapatkan Peringkat Tinggi di Mesin Pencari

Seperti yang kami sebutkan di atas, kecepatan situs web berpotensi pada kinerja SEO. Hasil dari, situs web berpotensi mendapatkan posisi yang bagus mesin pencari. Artinya, sangat cocok untuk Anda yang mengincar lalu lintas tinggi khususnya di wilayah Indonesia.

Menurut MOZ, situs web yang menggunakan ekstensi ccTLD, peringkatmiliknya di Google akan meningkat. Pasalnya, sistem Google akan mendeteksinya situs web .id, relevan dan terkait dengan area tertentu.

4. Penggunaan yang Aman dan Nyaman

Untuk memiliki ekstensi .id, Anda harus mendaftarkan diri Anda dengan persyaratan KTP atau dokumen legalitas lainnya. Artinya sistem keamanannya aman dan memberikan kenyamanan.

Jika ada tindakan yang melanggar hukum, PANDI akan memblokirnya situs web itu. Artinya, Anda akan menjamin keamanan situs web untuk para pengunjung. Selain itu, membangun kepercayaan pengunjung atau konsumen menjadi salah satu strategi digital pemasaran.

5. Ada banyak pilihan nama domain

Dibandingkan dengan ekstensi .COM, ketersediaan nama untuk domain .id jauh lebih besar. Silahkan periksa domain .id pertama, kemudian temukan nama yang Anda butuhkan. Kemudian, silahkan bandingkan dengan domain .COM. ketersediaan pasti jauh lebih .id.

Selain itu, beli domain .id sekarang semakin mudah. Pasalnya, ada cukup banyak penyedia layanan yang kredibel di Indonesia.

Cara Memeriksa Ketersediaan Domain .id

Untuk anda yang mau beli domain .id, harap periksa ketersediaan nama terlebih dahulu. Dalam pembuatan situs web, menemukan nama domain yang cocok bisa jadi sulit. Pasalnya, nama yang sudah Anda siapkan, mungkin sudah dibeli atau didaftarkan oleh orang lain.

Baca:  Repair PDF, Mengatasi File PDF yang Tidak Mau Terbuka di Aplikasi PDF Reader atau Browser (Rusak/Corrupt)

Harap tahu caranya periksa domain .id pertama untuk mengetahui ketersediaan. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Cari dan masuk situs web yang menyediakan fitur pemeriksaan domain
  • Masukkan nama domain yang sudah disiapkan
  • Pilih ekstensi .id
  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar
  • Jika namanya tersedia, Anda bisa langsung mendaftar atau membelinya
  • Jika nama tersebut tidak tersedia, artinya telah digunakan oleh orang lain

Apa itu fitur Pemeriksaan Domain?

Fitur pemeriksaan domain, di a alat layanan gratis yang diberikan oleh penyedia layanan hosting dan domain. Itu adalah, periksa domain .id menggunakan fitur ini bisa dilakukan di situs web penyedia layanan apa pun secara gratis.

Fitur ini sangat mudah digunakan. Faktanya, hasil domain yang Anda cari akan cepat keluar. Selain digunakan sebagai tempat pengecekan domain .id, juga bisa digunakan untuk mencari nama domain di ekstensi lain. Misalnya nama lain untuk ekstensi .COM, .NET, dan banyak lagi lainnya.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Pemeriksaan Domain

Sederhananya, jika kita sudah mengecek ketersediaan domain, maka langkah selanjutnya adalah beli domain .id. Tujuannya agar proses pembuatannya situs web bisa dilakukan sekarang juga. Atau, bisa juga untuk mengamankan nama situs web sebelum didaftarkan atau dibeli oleh orang lain.

Artinya jika nama tersedia, Anda harus mendaftarkan nama tersebut secara langsung. Lalu, bagaimana jika nama tersebut sudah dimiliki oleh orang lain? Ada beberapa opsi lain yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1. Membeli Nama Domain yang Dimiliki Orang Lain

Banyak pihak yang terbuka untuk menjual nama domainnya kepada orang lain. Bagi kamu yang memang ingin menggunakan nama yang sudah dimiliki oleh orang lain bisa mengambil cara yang satu ini.

Pertama-tama, cari tahu pemilik nama domain tersebut. Untuk menemukan informasi kepemilikan nama domain, Anda dapat menggunakan situs pencarian domain yang dikenal sebagai WHOIS.

Melalui situs pencarian WHOIS, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai nama, alamat email, dan nomor telepon pemiliknya. Kemudian, Anda bisa bernegosiasi dengannya, siapa tahu pemiliknya ingin menjualnya kepada Anda.

2. Pilih Opsi Nama Lain Tapi Masih Relevan

Sayangnya, tidak semua orang yang sudah memiliki nama domain tertarik untuk menjualnya kembali. Kalaupun ada, nama domainnya akan lebih mahal. Lantas, bagaimana solusinya jika tidak bisa mendapatkannya? Caranya adalah siapkan opsi nama lain.

Cari nama lain yang masih berhubungan. Misal rencana awal Anda adalah mendaftarkan nama domain jualkaosmurah.id, ternyata sudah ada yang memilikinya. Anda bisa mengubahnya menjadi jualkaos.id, kaosmurah.id, dan lainnya sebagai opsi nama cadangan.

3. Mengubah Ekstensi

Cara ini hanya untuk anda yang tidak keberatan mengubah ekstensi .id ke ekstensi lain. Jika Anda keberatan, Anda bisa melewatkan opsi untuk memilih nama yang telah didaftarkan oleh orang lain ini, dan memilih dua opsi di atas saja.

Jika nama domain misalnya seperti kaosmurah.id sudah ada, Anda bisa mengubahnya ke ekstensi lain. Misalnya kaosmurah.com, kaosmurah.net, dan ekstensi lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan nama yang sesuai dengan yang Anda rencanakan.

Begitulah periksa domain .id, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencari nama situs web yang diinginkan. Silakan periksa situs web domain gratis dan penyedia layanan hosting.

Pos Cara Memeriksa Domain .id dan Kekuatannya untuk Bisnis muncul pertama kali di Komputer Cerdas.