Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik Agar Kesehatan Mulut Selalu Terjaga

cara memilih sikat gigi

Cara memilih sikat gigi yang baik sering kali terabaikan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sembarangan memilih sikat gigi akan berdampak pada gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, pemilihan sikat gigi yang tepat dapat membantu menjaga kebersihan dan kerapian gigi. Jadi, jangan remehkan sikat gigi, salah memilih sikat gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada gigi dan mulut Anda.

5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik

Menyikat gigi secara teratur adalah kunci kesehatan gigi dan gusi Anda. Selain itu, juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit gusi. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda memilih sikat gigi yang tepat. Selain itu, teknik yang digunakan saat menggosok gigi juga harus benar.

Sikat gigi bisa dilakukan minimal dua kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur. Setidaknya menyikat gigi selama tiga menit dapat membantu memastikan kesehatan gigi Anda dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa panduan memilih sikat gigi yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Bulu sikat

Bulu sikat gigi terbagi menjadi tiga jenis mulai dari yang lembut, sedang dan keras. Saran dari ahli kesehatan gigi akan lebih baik jika kita menyikat gigi dengan menggunakan sikat berbulu halus atau bulu sikat yang halus.

Sikat gigi yang memiliki bulu halus dapat menghilangkan plak tanpa merusak enamel atau lapisan luar gigi. Karena email gigi mudah mengalami erosi dan dapat mempengaruhi kondisi gigi sensitif. Selain itu, saat menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi yang kasar, berisiko menyebabkan cedera pada gusi.

2. Memilih Ukuran Kepala Kuas yang Tepat

Sebaiknya pilih kepala sikat gigi yang tidak terlalu besar. Pasalnya, ukuran kepala sikat gigi yang besar akan menyulitkan Anda untuk menjangkau gigi bagian belakang.

Padahal gigi di bagian belakang, seperti gigi geraham, merupakan bagian yang menumpuk sisa makanan. Sedangkan sikat gigi yang memiliki ukuran kepala kecil akan lebih mudah saat bermanuver untuk menjangkau sela-sela gigi.

Baca:  Tips Mengatasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

3. Gagang Sikat Gigi Ergonomis

Salah satu cara memilih sikat gigi yang baik adalah dengan melihat pegangan pegangannya. Sikat gigi atau pegangan yang kuat dan nyaman dapat membuat menyikat lebih menyenangkan. Anda bisa memilih gagang sikat gigi yang agak panjang agar nyaman saat digenggam.

Usahakan cari pegangan pegangan yang anti selip agar sikat gigi tidak mudah lepas dari pegangan anda saat digunakan karena licin. Setidaknya pegangan sikat gigi harus terasa nyaman dipegang selama 3 menit. Karena ini waktu yang ideal untuk menyikat gigi.

4. Sesuaikan Sikat Gigi Anda dengan Usia Anda

Pemilihan sikat gigi bisa disesuaikan dengan usia pengguna. Jika untuk anak-anak, Anda bisa memilih sikat gigi yang memiliki kepala lebih kecil dan ujung bulu sikat gigi yang bulat. Dan pegangannya besar atau mudah digenggam.

Sedangkan untuk sikat gigi dewasa sebaiknya memilih yang lebih besar dari ukuran anak. Bulu lembut dan pegangan yang mudah digenggam.

5. Pilih Sikat Gigi Yang Manual atau Elektrik

Nyatanya, sikat gigi elektrik tidak lebih baik dalam membersihkan gigi dibanding sikat gigi manual. Namun, bagi sebagian orang sikat gigi elektrik adalah pilihan yang lebih baik.

Misalnya untuk penderita arthritis atau osteoartritis. Lansia atau penderita penyakit yang menyebabkan gerakan tangan terbatas. Serta para penyandang disabilitas seperti anak-anak penyandang disabilitas mental yang harus dibantu saat menggosok gigi. Mereka bisa menggunakan alternatif sikat gigi elektrik.

Oleh karena itu, baik sikat gigi elektrik maupun sikat gigi manual harus digunakan sesuai dengan kebutuhan. Saat Anda mengetahui cara memilih sikat gigi yang baik untuk kesehatan mulut Anda. Maka Anda akan terbebas dari masalah gigi dan mulut.

Postingan Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik untuk Selalu Menjaga Kesehatan Mulut muncul pertama kali di Azuharu ~ Another Dream.