Kuliah Kedokteran di Indonesia: Fakta ini Mungkin Kamu Belum Tahu!

kuliah kedokteran di indonesia

Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas sains favorit. Mengapa? Apakah karena persaingan masuk kedokteran begitu ketat? atau karena biayanya jauh lebih tinggi dari jurusan lain? Jika ingin belajar kedokteran di Indonesia mungkin belum tahu fakta-faktanya di bawah ini.

Fakta Sekolah Kedokteran yang Perlu Anda Ketahui

Menjadi mahasiswa kedokteran memiliki banyak cerita yang bisa menjadi pengalaman berharga dalam hidup. Pengalaman ini mungkin tidak dialami oleh mahasiswa jurusan perguruan tinggi lainnya.

Apa pengalaman itu? Simak fakta-fakta berikut ini.

1. Tidak Cukup Cerdas untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran

Seperti kita ketahui, persaingan masuk kedokteran sangat tinggi. Nilai kelulusan di atas standar untuk jurusan lain. Kompetisi ini menuntut calon mahasiswa untuk lebih rajin belajar.

Tidak hanya setelah lulus SMA, kamu harus mempersiapkannya sejak masuk SMA agar rapornya juga bisa membantu kamu mendaftar di jurusan kedokteran ini.

Banyak yang bilang masuk kedokteran itu susah ya, betul. Namun Anda mungkin juga perlu tahu, setelah masuk ke bagian medis, ternyata perjuangan Anda baru saja dimulai.

Anda tidak hanya harus rajin, kecerdasan Anda akan diuji karena Anda harus membaca banyak buku dalam waktu yang relatif singkat. Anda akan diuji secara fisik dan mental ketika Anda menjadi mahasiswa kedokteran.

Tapi jangan khawatir, kalau sudah punya tekad yang kuat pasti bisa melalui semuanya dan lulus dengan baik.

2. Membaca dan Belajar Menjadi Hobi Baru Anda

Jika sebelumnya Anda masih punya waktu untuk bermain-main, maka setelah menjadi mahasiswa kedokteran, waktu bermain Anda bisa jadi berkurang drastis.

Anda jarang menghabiskan waktu dengan santai. Waktu Anda sangat berharga karena Anda harus membaca banyak buku dan jurnal ilmiah.

Baca:  Konsultan Bisnis Tangani Masalah Tanpa Menimbulkan Masalah Lain

Belajar, itulah aktivitas baru Anda yang harus sering Anda lakukan. Namanya juga calon dokter, dunia kedokteran selalu berkembang setiap saat. Anda harus belajar untuk terus mengupdate pengetahuan Anda tentang perkembangan dunia kedokteran.

3. Jadwal kuliah yang sangat padat

Mahasiswa kedokteran biasanya membagi studi mereka menjadi fase praklinik dan fase klinis. Secara umum jadwal perkuliahan kedokteran memang lebih padat, namun nyatanya sama dengan jurusan lain, kalau sudah terbiasa bisa lulus dengan baik.

Secara umum, mahasiswa kedokteran merasa fase klinis lebih sulit. Fase klinis ini dilakukan saat mengikuti konsistensi. Siswa akan belajar bagaimana menangani pasien.

Tentunya dibutuhkan kesabaran, kehati-hatian, kesabaran dan tanggung jawab yang tinggi untuk bisa menghadapi pasien. Ingatlah bahwa Anda adalah calon dokter yang akan membantu menyembuhkan pasien yang sakit.

4. Biaya Pendidikan yang Cukup

Pernahkah Anda membandingkan biaya pendidikan kedokteran dengan biaya di jurusan lain? Kalau belum mungkin kaget. Biaya sekolah kedokteran bisa berkali-kali lebih tinggi daripada belajar jurusan lain.

Jika diperkirakan dari awal kuliah hingga berhasil menjadi dokter biayanya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

5. Waktu Belajar Yang Lama

Tidak hanya menghabiskan biaya yang tidak sedikit, ternyata kuliah kedokteran juga membuat waktu senggang semakin berkurang. Kalau di akhir pekan mahasiswa dari jurusan lain bisa jalan-jalan. Kemudian mahasiswa kedokteran mungkin sibuk belajar, atau menjaga di rumah sakit.

Mempelajari kedokteran di Indonesia memang memiliki tantangan tersendiri. Semoga Anda bisa melewatinya dengan penuh semangat!

Pos Sekolah Tinggi Kedokteran di Indonesia: Fakta Ini yang Mungkin Belum Anda Ketahui! muncul pertama kali di Azuharu ~ Mimpi Lain.