Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP

Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP

Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP – Halo selamat datang kembali di seri tutorial PHP dari malangding.com, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat fungsi Recursive di PHP. Dalam materi ini kita akan mempelajari apa itu fungsi rekursif dan bagaimana membuat fungsi tersebut menggunakan PHP.

Pertama saya ingin menjelaskan apa itu fungsi. Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas apa itu fungsi dan fungsi penulisan menggunakan PHP. Jika sobat belum membacanya silahkan klik disini untuk melihat pengenalan fungsi PHP. Fungsi adalah kode program yang dibuat khusus untuk mempersingkat tindakan dalam program. Selain fungsi yang disediakan langsung oleh PHP, kita juga bisa membuat fungsi kita sendiri dengan aturan yang berlaku. Misalnya nama tidak boleh sama dengan fungsi yang telah disediakan.

Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP

Sementara fungsi rekursif adalah fungsi yang dipanggil oleh fungsi itu sendiri. Proses fungsi rekursif berulang karena hasil pemanggilan itu sendiri, fungsi rekursif ini akan terus berjalan jika tidak ada batasan. Maka dari itu perlu adanya pembatas untuk menghentikan proses rekursif agar tidak berjalan. Sebagai contoh yang saya kutip dari wikipedia, fungsi rekursif dapat diibaratkan dua buah cermin berada pada posisi paralel antara satu dengan lainnya, gambar yang ditangkap bersifat rekursif tanpa batas artinya setiap cermin akan memantulkan gambar itu sendiri.

Contoh fungsi rekursif menggunakan PHP

Untuk lebih memahami tentang fungsi rekursif, berikut saya ingin menjelaskan contoh yang diimplementasikan menggunakan PHP. Dalam contoh ini, misalnya, saya akan menampilkan angka 1 sampai 20. Berikut kode programnya:

fungsi number_rter ($ x, $ y = 1) (
jika ($ y <= $ x) {
bilangan_set ($ x, $ y + 1);
echo "Nomor ke:". $ y. "
"; } } nomor_strate (20);

Saya membuat fungsi dengan nama string_number dan parameter di dalamnya memiliki x dan y. Dimana x adalah variabel yang menyimpan jumlah pengulangan dari rangkaian bilangan tersebut dan Y adalah variabel yang menyimpan jumlah pengulangan yang telah dilakukan, sedangkan 1 adalah nilai awal pengulangan yang dilakukan.

jika ($ y <= $ x) {
bilangan_set ($ x, $ y + 1);
echo "Nomor ke:". $ y. "
"; }

Selanjutnya saya perlu pemeriksaan untuk membatasi jumlah jalannya fungsi rekursif. Di baris kedua, fungsi number_arrange memanggil dirinya sendiri, yang berarti akan memanggil dirinya sendiri selama jumlah loop yang dilakukan ($ y) kurang dari jumlah total loop (x). Dan tampilan hasil sebagai berikut:

Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP

Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP

Contoh lain penerapan rekursif lain untuk perhitungan faktorial. Faktorial adalah hasil perkalian bilangan bulat positif yang kurang dari atau sama dengan n (wikipedia). Faktorial ditulis dengan n! (faktorial dengan bilangan n). Contoh: faktorial 3 (3!), Artinya 3! = 3 * 2 * 1. Jika diimplementasikan dalam fungsi rekursif, akan terlihat seperti ini:

fungsi faktorial ($ n) {
jika ($ n == 1) {
mengembalikan $ n;
} lain {
mengembalikan $ n * faktorial ($ n-1);
}
}
$ nilai = 3;
echo "Hasil faktorial". $ nilai. "! =" .factorial (nilai $);

Dalam potongan kode di atas saya memiliki fungsi dengan nama faktorial dan parameternya $ n adalah variabel yang menyimpan faktorial. Pada baris kedua dilakukan pengecekan bahwa jika nilai faktorialnya adalah 1 maka akan muncul nilai n itu sendiri. Jika nilainya tidak lain adalah satu, maka fungsi rekursif dijalankan, dimana nilai faktorial akan dikalikan dengan nilai faktorial sebelumnya dikurangi satu. Maka hasilnya adalah sebagai berikut:

Fungsi rekursif dengan php

Fungsi rekursif dengan php

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari materi tentang Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP adalah sebagai berikut:

  1. Dengan adanya fungsi ini akan sangat memudahkan kita dalam mengembangkan program
  2. Utilitas paling keren dalam mengimplementasikan fungsi rekursif adalah aplikasi yang kita bangun lebih efisien. Misalnya dalam pembuatan skripsi yang menerapkan algoritma pada program dengan menggunakan PHP. Sehingga dengan menerapkan konsep rekursif akan memudahkan dalam memahami kode program dan tidak perlu diulang.
Baca:  Menampilkan Data Daerah Indonesia PHP MySQLi Ajax

Oke, itu saja tentang Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP, kita akan melanjutkan di materi berikutnya. Jika ada kekurangan, sangat berharap dengan komentar-komentar untuk kami meningkatkan kualitas kedepannya.

Istilah pencarian masuk:

  • rekursif jika ada dua fungsi
  • bilangan faktorial menggunakan php
  • cara mirror php
  • pengkodean rekursif
  • pengkodean php rekursif

Postingan Membuat Fungsi Rekursif Dengan PHP muncul pertama kali di Lazy Ngoding.