Pengertian Marketing Communication dan Strategi Menjalankannya

pengertian marketing

Pengertian komunikasi pemasaran tidak lepas dari bidang pemasaran suatu produk. Baik itu jasa atau barang berwujud. Sekarang istilah komunikasi pemasaran sudah tidak asing lagi di kalangan para pelaku bisnis. Apalagi bagi para pebisnis yang memang memasarkan produknya dengan tepat sasaran.

Komunikasi pemasaran mempunyai pengertian yang besar yaitu komunikasi pemasaran atau metode pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Pemasaran ini dilakukan pada segmen yang dibidik. Konsep yang mudah dipahami adalah cara berjualan sekaligus menarik perhatian calon konsumen.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Beberapa Ahli

Menurut Philip Kotler, komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan sebagai media untuk menginformasikan dan membujuk calon konsumen. Padahal, menurutnya komunikasi pemasaran juga diartikan sebagai reminder tentang produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan komunikasi pemasaran, konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk dan lain-lain. Bahkan dari komunikasi pemasaran inilah konsumen dapat menilai layak tidaknya suatu produk.

Definisi lain dari komunikasi pemasaran menurut Olujimi Kayode adalah interaksi antara produsen dan konsumen. Interaksi yang dilakukan menggunakan satu atau lebih media. Misalnya internet, smartphone, dan lainnya.

Berbeda halnya dengan istilah komunikasi pemasaran menurut Business Dictionary yang menyatakan bahwa yang dimaksud adalah pesan promosi. Komunikasi pemasaran atau pesan promosi telah dikoordinasikan sebelumnya.

Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan promosi ini adalah media cetak seperti koran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan televisi, radio, smartphone, bahkan personal seller. Sebenarnya banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai perantara komunikasi pemasaran.

Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Tujuannya

Setelah mengkaji makna komunikasi pemasaran, selanjutnya adalah tujuannya. Tujuan komunikasi pemasaran juga sangat penting untuk diketahui. Diantaranya adalah:

1. Mempercepat Siklus Penjualan

Salah satu tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk mempercepat siklus penjualan suatu perusahaan. Perusahaan tentu ingin penjualan produknya berjalan lancar dan laku di pasaran. Kehadiran komunikasi pemasaran merupakan salah satu upaya dalam pemasaran.

Jika pesan promosi yang disampaikan menarik maka banyak orang yang tertarik. Begitu pula sebaliknya jika kualitas komunikasi pemasaran kurang baik. Oleh karena itu komunikasi pemasaran sangat berpengaruh terhadap jumlah penjualan produk yang dihasilkan.

2. Sebagai sarana informasi dan promosi

Dalam pengertian komunikasi pemasaran disebutkan bahwa komunikasi pemasaran adalah pesan promosi dan juga media informasi. Dari pemahaman ini, tujuan tersirat dapat ditarik. Tidak lain adalah sebagai media promosi dan juga informasi.

Sebelum menjadi konsumen, setiap orang membutuhkan informasi terkait barang atau produk yang diperdagangkan. Salah satu tujuan komunikasi pemasaran adalah sebagai media informasi sehingga konsumen harus mendapatkan informasi yang baik.

Dengan adanya informasi tersebut maka konsumen akan memiliki ketertarikan untuk membeli barang dan jasa. Inilah alasan mengapa komunikasi pemasaran sangat penting dan perlu diterapkan.

3. Sebagai Media Integrasi Konsumen

Selanjutnya sebagai media integrasi konsumen. Disebut media integrasi karena banyak konsumen yang bisa menjadi konsumen. Komunikasi pemasaran juga merupakan penyatuan antara produsen dan konsumen yang berkaitan dengan pemasaran produk.

Komunikasi ini dapat menjadi ilustrasi bagi konsumen. Sebab, setiap orang tidak langsung menjadi konsumen, melainkan harus mempertimbangkannya terlebih dahulu. Melalui komunikasi ini akan terjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Strategi Dalam Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena seseorang harus memiliki keterampilan dan dasar-dasar terlebih dahulu. Selain itu, hal terpenting setelah mengetahui arti komunikasi pemasaran adalah strateginya. Berikut beberapa strategi yang perlu diketahui dalam melakukan komunikasi pemasaran.

Baca:  Pentingnya Riset Pasar Dalam Menjalankan Bisnis

1. Mengenali Pangsa Pasar dan Target Target

Strategi pertama yang harus dipahami adalah mengidentifikasi target pasar yang dibidik. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat banyak orang yang merasa kurang dalam melakukan komunikasi pemasaran. Anda perlu mengidentifikasi pasar sasaran Anda.

Gary Armstrong adalah salah satu pakar pemasaran yang menyebutkan beberapa sisi pasar yang perlu diketahui. Diantaranya adalah pasar dari sisi geografis, sosiokultural, psikografis, dan demografis. Semua aspek ini dapat dipelajari dan dipertimbangkan dalam mengidentifikasi pasar sasaran.

2. Konsisten dalam menyampaikan pesan produk atau merek

Strategi selanjutnya adalah konsisten dalam menyampaikan pesan dalam produk. Hal ini dikarenakan banyak sekali perusahaan yang melakukan komunikasi pemasaran untuk branding. Jika tidak konsisten, maka konsumen tidak akan percaya atau percaya.

Oleh karena itu yang terpenting adalah tetap konsisten dalam memberikan promosi. Dalam hal komunikasi pemasaran disebutkan lebih dari satu media promosi. Setiap media promosi yang digunakan tidak akan merubah pesan yang ingin disampaikan.

3. Meningkatkan Gaya Bahasa dan Kefasihan dalam Komunikasi

Strategi selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah meningkatkan keterampilan komunikasi. Namun komunikasi tersebut dilakukan dengan bahasa yang santun dan persuasif atau mengundang. Sebelumnya, Anda juga perlu mengetahui target usia target.

Pasalnya, hal ini akan sangat mempengaruhi gaya bahasa dan komunikasi yang disampaikan. Hal penting lainnya adalah tetap berpegang pada bahasa yang mudah dimengerti. Sebab, bahasa yang menarik dan unik tetapi tidak bisa dipahami tidak berguna.

4. Memilih Media yang Tepat Untuk Komunikasi Pemasaran

Banyaknya media yang dapat digunakan untuk komunikasi pemasaran merupakan salah satu kemudahan yang dapat digunakan. Dengan menggunakan media yang tepat, lebih banyak target akan ditargetkan. Ini karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan mampu menarik perhatian banyak orang.

Sebagai pebisnis baru yang ingin melakukan komunikasi pemasaran, ia memiliki banyak pilihan media. Namun sekali lagi Anda harus memperhatikan target yang dibidik. Media saluran yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada kelancaran proses pemasaran itu sendiri.

5. Kemampuan Desain Grafis

Dalam komunikasi pemasaran, keterampilan yang harus dikuasai cukup beragam. Jadi bukan sekedar kemampuan berkomunikasi. Salah satu keterampilan yang perlu dipelajari adalah keterampilan desain grafis. Ini digunakan untuk menarik lebih banyak perhatian orang.

Anda dapat menuangkan semua kreativitas Anda terkait pemasaran produk dalam desain grafis. Keterampilan ini akan membantu Anda melakukan komunikasi pemasaran. Mengapa dikatakan membantu? Pasalnya, saat ini desain grafis banyak diminati. Keunikan sebuah marketing bisa dilihat dari desain grafis.

Berbicara tentang strategi, yang menjadi sorotan utama adalah perbedaan atau keunikannya. Produk yang dihadirkan cenderung sama, sehingga yang membedakan adalah komunikasi pemasaran itu sendiri. Untuk itu muncul beberapa strategi agar tidak sama dengan yang lainnya.

Pentingnya keterampilan komunikasi pemasaran sangat besar. Risikonya jika tidak memiliki kemampuan komunikasi pemasaran yang baik akan membuat penjualan menurun. Terakhir, risiko kembali dirasakan oleh perusahaan itu sendiri.

Sehingga seseorang harus benar-benar menguasai apa itu komunikasi pemasaran. Pengertian komunikasi pemasaran itu sendiri juga perlu dipahami. Mengingat arti istilah komunikasi pemasaran merupakan dasar yang harus dipahami.

Pos Definisi Komunikasi Pemasaran dan Strategi Berlari muncul pertama kali di Azuharu ~ Mimpi Lain.