Perkembangan Gadget dari Waktu ke Waktu

smartphone gadget

Perkembangan gadget yang kita lihat memang semakin cepat dari waktu ke waktu. Setiap muncul smartphone dari merk tertentu selalu diikuti oleh smartphone dari merk lain yang bersaing dengan smartphone sebelumnya.

Jika pada saat artikel ini ditulis, iklan yang sering muncul di televisi adalah Vivo V19, maka kita bisa lihat beberapa bulan ke depan mungkin akan berbeda lagi. Hal itulah yang akan selalu berkembang teknologi khususnya gadget dari waktu ke waktu. Perkembangan gadget ini sangat pesat, sehingga tanpa disadari HP yang kita beli tahun lalu terasa sangat tertinggal.

Mengikuti perkembangan itu menyenangkan, ada banyak teknologi keren yang selalu bisa kami ikuti. Salah satu teknologi yang bisa kita ikuti adalah teknologi gadget.

Perkembangan Gadget dari Waktu ke Waktu

Seperti yang kita ketahui, gadget selalu berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini banyak sekali gadget keren yang beredar di pasaran. Namun, tahukah kita perkembangan gadget? Yuk simak artikel tentang perkembangan gadget ini.

IBM Simon

Dahulu kala sebelum ada smartphone canggih seperti saat ini, ternyata konsep smartphone sudah ada sejak pertengahan tahun 1970-an. Sayangnya, saat itu hanya sebuah konsep dan berhasil direalisasikan pada tahun 1992 oleh IBM melalui produk Simon Personal Communicator.

Meski namanya smartphone, namun Simon tidak secanggih sekarang. Namun, Simon dapat mengirim serta menerima email dan faks. Bentuk layar IBM Simon sudah memiliki layar sentuh namun masih monokrom alias hitam putih. Bahkan ada stylus dan tempat untuk mengisi daya sumber daya.

IBM Simon ini bisa digunakan selama 60 menit, karena keterbatasan baterai saat itu.

Nokia 9000 Communicator

Pada tahun 1996, Nokia telah memasuki dunia smartphone dengan seri Nokia 9000 Communicator. Nokia Communicator ini memiliki tebal 1,5 inci dan berat 397 gram, dilengkapi dengan dial, navigasi dan layar monokrom.

Nokia 9000 Communicator memiliki keyboard qwerty dan tombol untuk navigasi. Lalu apa saja fiturnya? Smartphone ini ternyata sudah memiliki kemampuan untuk mengirim email, fax, mengetik dokumen, dan browsing internet.

Ericsson GS88

Pada tahun 1997, Ericsson merilis smartphone yang mirip dengan Nokia 9000 Communicator. Bedanya, smartphone ini memiliki layar sentuh dan stylus.

Baca:  Pentingnya Baca Berita Industri Telekomunikasi Terupdate

Awalnya, penggunaan smartphone hanya untuk perusahaan. Dulu bisa kita lihat, yang menggunakan PDA hanya orang-orang dari perusahaan besar.

Seiring berjalannya waktu, smartphone juga semakin banyak penggunanya. Tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga untuk pengguna biasa alias konsumen yang juga menggunakan smartphone. Meski saat itu smartphone yang ada belum secerdas seperti saat ini, namun pada saat itu perkembangan yang dirasakan masyarakat sangat bermanfaat.

Sistem Operasi Seluler

Kehadiran sistem operasi untuk perangkat seluler merupakan perkembangan yang sangat baik. Saat itu kita mengenal sistem operasi dengan nama Symbian, Blackberry, Plam OS, bahkan Windows Mobile. Salah satu fitur yang pasti tersedia adalah fitur mengirim email, dan mengakses internet.

Di tahun 2000 ke atas, pengguna smartphone semakin meningkat. Perangkat yang paling terkenal adalah Blackberry 8700 dan Charm. Samsung BlackJack, dan Motorola Q.

Seiring dengan perkembangan sistem operasi, pengguna semakin dimanjakan. Kami juga merasakan bahwa perkembangan dunia game mobile semakin pesat.

iPhone

Pada tahun 2007, Apple memperkenalkan iPhone pertamanya. iPhone merupakan smartphone pertama yang memiliki ide untuk mengumpulkan fungsi multimedia, email, dan browsing dalam satu perangkat.

IPhone terlihat berbeda jika dibandingkan dengan smartphone pendahulunya lainnya. IPhone hanya memiliki satu tombol di layarnya, yaitu tombol Home. Apple ingin smartphone ini tampil simpel namun tetap modern. Sistem operasi iPhone adalah iOS.

Setelah iPhone dirilis, banyak ponsel lain yang berkembang, contohnya kita tahu ada Windows Mobile di perangkat HTC Touch, dan juga BlackBerry Curve 8300.

Android

Era smartphone Android merupakan era yang kita rasakan saat ini. Tentunya di awal kemunculan Android ternyata tidak secanggih seperti saat ini. Awalnya, Android diluncurkan oleh HTC bekerjasama dengan T-Mobile dengan ponsel seri G1 yang dikenal sebagai Dream.

Seiring berjalannya waktu, persaingan iOS, Android, dan Windows Mobile semakin ketat. Meski pada akhirnya, di tengah jalan, Microsoft menyerah pada Windows Mobile. Namun perkembangan smartphone semakin canggih.

Begitulah perkembangan gadget dari masa ke masa. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda yang suka mengikuti perkembangan gadget.

Posting Pengembangan Gadget dari Waktu ke Waktu muncul pertama kali di Azuharu ~ Mimpi Lain.