Tips Membiasakan Membaca untuk Anak Dari Usia Dini

tips membaca

Membiasakan anak membaca sejak kecil adalah hal yang harus dilakukan. Dengan membiasakan membaca, anak akan semakin dekat dengan buku. Ini akan menambah wawasan anak, dan juga daya imajinasi anak.

Dalam meningkatkan kebiasaan membaca pada anak, orang tua memiliki peran yang sangat penting. Padahal, mendekatkan buku kepada anak bisa dimulai sejak usia 3 bulan. Meski saat itu anak belum bisa membaca, tapi sebagai orang tua bisa mengenalkan buku cerita anak. Dengan melakukan hal tersebut anak akan mengetahui bahwa buku tersebut memiliki cerita yang akan sangat menarik jika ayah dan ibunya menceritakannya.

Membiasakan membaca ternyata salah satu investasi terbesar yang bisa diberikan kepada anak-anak, hal ini dikemukakan oleh Tanoto Foundation. Tanoto Foundation merupakan salah satu penggagas gerakan Indonesia Cinta Baca. Tanoto Foundation mengadakan momen membaca bersama yang bisa Anda baca selengkapnya di Instagram @tanotoeducation.

Memperkenalkan Buku yang Tepat untuk Anak-anak

Sebagai orang tua, Anda mungkin berpikir tentang jenis buku yang cocok untuk anak. Ini relatif, tergantung usia anak. Anak-anak yang berusia 3 tahun, buku cerita akan berbeda dengan anak-anak yang berusia 5 tahun.

Dengan bertambahnya usia anak, daya imajinasi anak juga akan semakin berkembang. Kesukaan dan ketertarikan anak pada hal-hal tertentu juga akan berbeda.

Selain itu, ternyata membacakan buku untuk anak memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

Tingkatkan kosakata untuk anak-anak

Dengan membacakan cerita kepada anak, anak akan mendengarkan dan secara tidak langsung memperkaya perbendaharaan kata bagi anak. Jika ada kosakata baru yang tidak dipahami oleh anak maka anak akan bertanya, atau kita sebagai orang tua secara aktif bertanya.

Latih anak-anak untuk berimajinasi

Dengan membacakan cerita, anak akan belajar berimajinasi. Misalnya kita bercerita tentang kancil. Anak itu akan membayangkan dalam benaknya seperti apa rupa seekor kancil. Ini akan menambah anak menjadi lebih kreatif dan cerdas.

Baca:  Kuliah Kedokteran di Indonesia: Fakta ini Mungkin Kamu Belum Tahu!

Meningkatkan kemampuan kognitif pada anak

Kemampuan kognitif adalah kemampuan berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Dengan membaca buku cerita akan melatih kemampuan kognitif pada anak

Menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan anak

Tentu saja manfaat tidak langsungnya adalah meningkatnya hubungan baik antara orang tua dan anak. Anak akan merasa diperhatikan dan diberi kasih sayang oleh orang tuanya. Hal ini akan menutup hubungan keduanya yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak di masa depan.

Melihat manfaat membaca buku bagi anak di atas, tentunya membaca buku cerita sangat dianjurkan. Berikut tips membuat buku bacaan anak menjadi menyenangkan.

  1. Pilih buku yang sesuai
    Memilih buku yang sesuai dengan usia anak adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan diri membaca pada anak. Jika anak sama sekali tidak mengenal buku, maka pilihlah buku dengan cerita ringan.
  2. Gunakan intonasi suara yang menarik saat membaca cerita
    Saat membacakan cerita, gunakan nada suara yang menarik agar anak menjadi tertarik untuk mendengarkan.
  3. Temani anak terdekat saat membaca buku.
    Saat membaca buku, biasakan untuk menemani anak. Posisikan Anda di depan anak, atau di sampingnya agar anak bisa melihat buku yang sedang dibacanya.
  4. Berkomunikasi secara aktif dengan anak-anak
    Saat membaca cerita, cobalah untuk tidak hanya terpaku pada buku. Tapi kita harus aktif berkomunikasi dengan anak-anak. Tanyakan apakah Anda memahami ceritanya atau tidak.

Itulah beberapa tips membiasakan anak membaca sejak dini. Semoga tips ini dapat membantu para orang tua untuk memulai kebiasaan membaca yang baik ini.

Postingan Tips Membiasakan Membaca untuk Anak Sejak Dini muncul pertama kali di Azuharu ~ Another Dream.